Beranda · About · Contact Us · Peta Situs · Privacy

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit | Selamat datang para pembaca blog yang membahas seputar manfaat jeruk nipis, sudah lama admin tidak memperbarui informasi di blog ini. Tahukah anda, setidaknya terdapat 1300 jenis jeruk, an kabar gembiranya, jeruk nipis memiliki manfaat yang paling banyak. 
Nah, kali ini admin ingin berbagi manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit kepada anda. Mari kita berkenalan dengan buah yang memiliki rasa super asem yang satu, jeruk nipis memiliki nama Latin Citrus Aurantium. Buah ini dijadikan sebagai bahan dasar untuk produk kesehatan dan kecantikan, baik itu daun maupun buahnya. 

Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sekali, dimana dalam 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sagant tinggi, selain itu jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang.

Manfaat Jeruk Nipis untuk  Kesehatan Kulit

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit
Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan kandungan nutrisi pada buah jeruk nipis? Dari segitu banyaknya kandungan nutrisi jeruk nipis, wajar jika jeruk yang berukuran mungil ini memiliki banyak sekali khasiat. Namun kali ini kita akan bahas khusus apa saja manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit.

1. Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghaluskan kulit

Manfaat pertama yang akan anda peroleh adalah untuk menghaluskan wajah, caranya potong tipis jeruk nipis. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya yang terlihat kusam atau kasar. Selain dapat menghaluskan kulit cara ini juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan terlihat lebih putih.

2. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mencerahkan Kulit

Selain untuk menghaluskan kulit, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit anda, lakukan perawatan sama seperti cara no 1.

3. Manfaat Jeruk Nipis untuk Relaksasi kulit

setelah aktivitas padat biasanya kulit kita menjadi tegang, nah, anda bisa merelaksasi kulit anda dengan jeruk nipis. Iris tipis jeruk nipis, peras airnya, dan tambahkan dengan sedikit air, aduk rata. Kemudian, gosok-gosokkan pada bagian tubuh yang terasa pegal-pegal. Atau, dengan cara merendam bagian yang pegal di air perasan jeruk nipis yang telah dicampur air hangat di dalam ember kecil.

4. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengecilkan Pori-pori

Jika anda memiliki proi-pori yang besar maka lakukan perawatan dengan jeruk nipis, Caranya: potong tipis jeruk nipis, oleskan dagingnya pada kulit wajah, terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. 

5. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengangkat Sel Kulit Mati


Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Hal ini telah terbukti dengan adanya berbagai macam penelitian. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas.

6. Manfaat Jeruk Nipis untuk Memutihkan Kulit

Banyak manfaat yang bisa diambil dari jeruk nipis. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi putih dan halus. Menurut dr Irma Bernadette Simbolon MD, Kepala Divisi Dermatologie Kosmetik Cempaka Rumah Sakit Cipto Mengunkusumo, hanya dengan mengkonsumsi dan membalur tubuh (bagian-bagian tertentu pada tubuh) dengan jeruk nipis, kulit menjadi lebih putih.

Bagaimana? Mau dapatin manfaat dari jeruk nipis? Lakukan saja perawatan seperti di atas. Itulah   6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit yang harus anda ketahui, jangan lupa untuk membagikan kepada yang lainnya juga agar mereka juga merasakan manfaatnya. Baca juga:

Artikel keren lainnya: